Komposisi Minyak Goreng (Part 4)

Komposisi Minyak Goreng (Part 4). Tips dalam memilih minyak goreng sehat. Naroop Blend Cooking Oil.

Komposisi Minyak Goreng (Part 4)

Dalam bagian terakhir dari artikel Komposisi Minyak Goreng, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih minyak goreng sehat.

 

Beberapa tips di bawah ini dapat membantu anda memilih minyak goreng sehat:

  • Pilihlah minyak goreng yang kaya akan asam lemak tak jenuh, baik tunggal (omega-9) maupun ganda (omega-3 & omega-6).
  • Asam lemak jenuh bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Seperti dijelaskan di atas, asam lemak tak jenuh dapat memberi manfaat kesehatan (contoh: minyak kelapa). Pilihlah minyak goreng dengan komposisi asam lemak jenuh yang tidak terlalu dominan (<30%).
  • Perhatikan komposisi asam lemak tak jenuh ganda. Sebaiknya perbandingan jumlah omega-6 terhadap omega-3 tidak lebih daripada 4:1.
  • Usahakan menggunakan minyak goreng yang memiliki komponen minor yang dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan (contoh: minyak zaitun).
  • Minyak goreng yang kaya akan asam lemak tak jenuh biasanya tak tahan panas. Oleh karena itu pastikan minyak goreng yang anda pilih memiliki perlindungan ekstra terhadap panas sehingga aman digunakan untuk menggoreng (deep frying) pada temperatur 150oC – 190o

 

Untuk mendapat manfaat kesehatan yang optimal, tidak cukup hanya menggunakan satu jenis minyak goreng saja. Gunakanlah minyak goreng campuran (blend) yang terbuat dari beberapa jenis minyak.

Berikut ini adalah beberapa contoh campuran minyak yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik daripada satu jenis minyak saja:

  • Minyak kanola dan zaitun. Campuran ini memberikan minyak goreng yang kaya omega-9 dan memiliki perbandingan omega-6 terhadap omega-3 yang ideal (kurang dari 4:1). Selain itu, campuran ini memiliki senyawa polifenol dari minyak zaitun yang baik untuk kesehatan.
  • Minyak kanola dan bunga matahari. Campuran ini memiliki komposisi asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang proporsional, dengan perbandingan omega-6 terhadap omega-3 yang ideal. Campuran ini memiliki vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.
  • Minyak kanola dan kelapa. Campuran ini memberikan komposisi asam lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang, dengan perbandingan omega-6 terhadap omega-3 yang ideal. Asam lemak jenuh yang ada dalam minyak kelapa dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mencegah infeksi dan mendukung fungsi otak [refs. 1-2].

Just fry it with Naroop Blend Cooking Oil! #MinyakGorengSehat

 

Referensi

  1. 10 Impressive Benefits of Coconut Oil, https://authoritynutrition.com/top-10-evidence-based-health-benefits-of-coconut-oil/
  2. Why is Coconut Oil Good for You? A Healthy Oil for Cooking, https://authoritynutrition.com/why-is-coconut-oil-good-for-you/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *