Healthy Habit: Sarapan

Healthy Habit: Sarapan. Sederhana tidak selalu sepele!

Healthy Habit: Sarapan.

Bagi mereka yang suka tidur larut dan bangun siang, abaikan artikel ini! Sarapan dan kebiasaan sehat bukan untuk anda!

Orang yang memiliki gaya hidup normal (tidur malam hari dan bangun di pagi hari) bangun pagi dengan perut kosong.

Selepas makan malam, mereka tidak makan lagi, alias puasa, selama kurang lebih 10 – 12 jam, sampai mereka bangun pagi di kemudian hari. Kecuali bagi mereka yang suka ngemil di malam hari, yang adalah kebiasaan yang kurang sehat.

Jangka waktu 10 – 12 jam ini jauh lebih lama dari jangka waktu antara sarapan dan makan siang (kurang lebih 5 – 6 jam) atau antara makan siang dan makan malam (juga antara 5 – 6 jam).

Nah, apabila perut kosong ini tidak diisi, maka tubuh akan menjadi kekurangan energi dan akan mengganggu aktivitas di pagi hari (mengantuk, tidak semangat, bahkan ada yang sampai pingsan).

Itu alasan yang paling sederhana kenapa sarapan sangat penting. Mungkin karena sangat sederhana, orang sering mengabaikannya dan menganggap sarapan hanya untuk anak kecil saja.

Tetapi, dibalik hal yang sederhana itu, ada hal yang sering tidak disadari oleh mereka yang mengabaikan sarapan.

Pada waktu mereka merasa lapar karena tidak sarapan, mereka cenderung menginginkan makanan yang mengandung karbohidrat atau gula yang tinggi.

Ini adalah respon alami dari tubuh yang membutuhkan energi alias lapar, karena karbohidrat atau gula adalah sumber energi utama untuk tubuh.

Akibatnya, apabila sering makan makanan dengan karbohidrat atau gula tinggi, kita akan cenderung kelebihan berat badan (obesitas), yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit yang lebih serius seperti diabetes, jantung, hipertensi dan sebagainya.

Jadi, usahakanlah agar anda sarapan setiap hari.

Tapi, jangan asal sarapan (hanya minum kopi atau makan sesuap nasi). Butuh pengorbanan dan usaha untuk melakukan kebiasaan sehat!

Just fry it with Naroop Blend Cooking Oil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *